Friday 13 February 2015

Perpustakaan SMA De Britto Maju Lomba Nasional

Peninjauan lokasi perpustakaan. (Foto: Deni H)

SLEMAN (KRjogja.com
) - Perpustakaan SMA Kolese De Britto hari ini (28/08)didatangi Tim Penilai Perpustakaan Tingkat Nasional. Perpustakaan ini mewakili DIY mengikuti lomba perpustakaan tingkat nasional, setelah pada tahun ini ditetapkan sebagai perpustakaan terbaik se-DIY.

Kepala Sekolah SMA Kolese De Britto Agus Prih Adiartanto memaparkan, visi perpustakaan di sekolah ini adalah menjadi perpustakaan sekolah yang handal yang mampu menyediakan segala informasi yang baik dan benar. Selain itu diharapkan perpustakaan ini juga mampu menjadi pusat belajar bagi sekolah lain.

"Perpustakaan ini memiliki ruang baca luas, mampu menampung pembelajaran model kelas," jelasnya.


Ia menerangkan, perpustakaan didukung ruang internet yang memadahi. Selain itu ada fasilitas Wifi yang bisa diakses dari semua sudut sekolah. Untuk jumlah koleksi sendiri mencapai 9251 judul, atau 11868 eksemplar. Tidak hanya buku populer, terdapat pula atlas, ensiklopedia, kamus, dan berbagai koleksi karya ilmiah.

"Kami mendapat bantuan buku dari pemda dan swasta. Terdapat juga web perpustakaan yang terintegrasi dengan web sekolah," ujarnya.

Yang unik, menurutnya sekolah ini membuka diri menjadi tempat pendidikan siswa hingga jam setengah sebelas malam. Ini karena banyak siswa banyak yang kos dan kadang kesulitan belajar di kosnya. "Kami juga membuka perpustakaan ini untuk teman-teman dari luar sekolah," jelasnya.

Ketua Tim Penilai Perpustakaan Tingkat Nasional Sudirman Hamid menerangkan, yang dilakukan timnya ini bukan sekedar mencari pemenang atau juara, namun bagaimana perpustakaan di semua provinsi bisa dimanfaatkan secara maksimal. Sebab perpustakaan menurutnya adalah jantungnya pendidikan. "Bukan hanya untuk belajar, namun bagaimana mendapat ilmu pengetahuan yang lebih dari yang didapat di kelas," ujarnya.

Ia mengaku mengunjungi 33 provinsi melihat 33 perpustakaan terbaik. Pihaknya akan memiilih 10 terbaik yang akan menyampaikan presentasi di tingkat nasional. "Nanti yang menyampaikan presentasi kepala perpustakaan, bukan kepala sekolah," tandasnya. (Den)

Sumber: http://krjogja.com/read/228189/perpustakaan-sma-de-britto-maju-lomba-nasional.kr

No comments:

Post a Comment