Tuesday 24 February 2015

Banyak SD di Pandeglang Belum Miliki Perpustakaan

Salah Satu Kondisi Gedung SD di Kabupaten Pandeglang, Banten. (ist)

Pandeglang, HanTer
- Kepala Bidang Sosial Budaya Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Pandeglang Sutoto menyatakan banyak sekolah dasar di daerah itu yang tidak mempunyai ruang guru dan perpustakaan.

"Bahkan umumnya sekolah dasar di daerah ini belum mempunyai ruang guru tersendiri, jadi terpaksa menggunakan ruang kelas untuk para guru," katanya di Pandeglang, Jumat (20/2).

Kondisi itu, kata dia, menjadi salah satu permasalahan bidang pendidikan yang harus dicarikan solusinya, agar ke depan pada setiap sekolah terdapat ruang guru.


Ia juga menyatakan pembangunan ruang guru pada setiap sekolah merupakan salah satu perencanaan pembangunan bidang pendidikan yang secara bertahap akan direalisasikan.

"Memang butuh waktu panjang dan anggaran besar, karena jumlah SD di Pandeglang cukup banyak, yakni lebih dari 810 sekolah yang tersebar di 35 kecamatan," katanya.

Selain itu, kata dia, juga masih banyak sekolah dasar yang tidak mempunyai ruang perpustakaan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pandeglang Dadan T Daniel menyatakan sekitar 30 persen dari 810 sekolah dasar di daerah itu belum memiliki perpustakaan.

"Memang masih ada sekitar 30 persen yang belum ada perpustakaan, dan akan kita lengkapi secara bertahap," katanya.

Pepustakaan, kata dia, merupakan salah satu penunjang penting dalam pendidikan, karena itu ke depan setiap sekolah pada semua tingkat harus memiliki fasilitas tersebut.

"Karena keterbatasan anggaran maka pembangunan perpustakaan tidak bisa dilaksanakan sekaligus, tapi saya yakin dalam beberapa tahun ke depan semua sekolah sudah memilikinya," ujarnya. (ruli)

Sumber: http://harianterbit.com/hanteriptek/read/2015/02/20/20064/22/22/Banyak-SD-di-Pandeglang-Belum-Miliki-Perpustakaan

No comments:

Post a Comment