Tuesday 3 March 2015

Meningkatkan Minat Baca pada Anak


Oleh: Winta Hari Arsitowati, staf pengajar IWEC

Meningkatkan wawasan anak adaah hal yang penting dilakukan oleh setiap orangtua. Berbagai cara dapat dilakukan agar anak-anak bisa mendapat asupan pengetahuan yang baik. Salah satunya adalah dengan membiasakan mereka untuk membaca.

Namun, orang tua terkadang masih memiliki berbagai kendala untuk membuat putra-putrinya minat membaca. Padahal membaca adalah salah satu kegiatan yang dapat memberi investasi jangka panjang dalam hal ilmu.


Bagaimana agar membaca dapat menjadi gaya hidup yang terbiasa dilakukan anak-anak? Simak beberapa langkah berikut ini:

1. Membacakan Cerita untuk Anak

Ilustrasi membaca untuk anak
Langkah awal yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan minat membaca pada anak adalah membacakan buku cerita pada mereka sejak usia dini. Usia 6 bulan adalah waktu yang tepat untuk memngenalkan si kecil dengan buku. Meski mereka tidak memberi respon, bukan berarti otak anak tak menyerap segala hal yang ada di sekitarnya. Justru ketika dibiasakan untuk dekat dengan buku sejak kecil, rasa ketertarikan anak dengan buku akan makin bertumbuh seiring mereka dewasa. Bacakan atau perlihatkan buku-buku yang berisi gambar-gambar menarik. Mereka pun akan terbiasa dengan buku di sekeliling mereka. Begitu mereka sedikit besar, cara ini dapat memancing keingintahuan anak terhadap isi buku tersebut sehingga mereka dapat belajar membaca sedikit demi sedikit.

2. Berikan Buku yang Menarik Perhatian Mereka
Membaca buku yang menarik

Amati hal-hal yang disukai oleh anak-anak. Jika si kecil suka dengan mobil atau kereta api, coba berikan buku cerita yang memiliki tema tersebut, seperti Cars atau Thomas. Jika si kecil suka segala sesuatu yang berhubungan dengan princess, pancing mereka dengan buku cerita mengenai princess, sehingga rasa ingin tahu mereka terhadap buku itu akan lebih meningkat. Dengan berjalannya waktu, coba sisipi mereka dengan buku-buku dengan konten yang lebih beragam, namun tetap memberi informasi yang menarik.

3. Ajak Anak-anak ke Toko Buku atau Perpustakaan

Anak di perpustakaan

Sudah sewajarnya jika anak-anak senang menghabiskan waktu dengan mainan atau boneka. Namun di saat senggang, luangkanlah waktu untuk mengajak mereka ke toko buku atau perpustakaan. Kenalkan mereka dengan dunia literasi, selain tetap membebaskan mereka untuk menikmati masa kecil dengan bermain dengan teman sebaya. Tunjukkan pada mereka bahwa melalui buku, banyak hal yang bisa mereka dapat. Dengan mengenalkan toko buku dan perpustakaan pada anak sejak usia dini, mereka akan terbiasa untuk mengenal berbagai macam buku. Kunjungan ke tempat seperti perpustakaan atau toko buku pun akan menjadi hal yang menyenangkan untuk mereka. Selain itu, mereka juga dapat mempelajari bahwa ilmu pengetahuan pun bisa didapat dengan gratis, dengan berkunjung dan membaca buku di perpustakaan.

4. Kenalkan Anak pada Buku Dwibahasa


Membaca sejak kecil

Setelah anak-anak akrab dengan buku-buku berbahasa Indonesia, mulailah mengenalkan mereka dengan buku dwibahasa. Buku-buku anak dwibahasa dengan gambar-gambar yang menarik akan menggugah minat mereka terhadap bahasa Inggris atau bahasa lainnya (semisal, bahasa Mandarin). Sehingga sedikit demi sedikit mereka akan mampu membaca buku baik dalam bahasa Indonesia atau pun bahasa Inggris. Hal ini sangat berguna mengingat bahwa bahasa Inggris sangat diperlukan untuk menghadapi persaingan global. Tentunya kita tak ingin anak kita tertinggal dalam persaingan di masa depan, bukan?

5. Berikan Contoh yang Baik pada Anak


Memberikan keteladanan kepada anak.

Last but not least, kita pun harus memberi contoh yang baik agar si kecil dapat mengembangkan minat bacanya. Perkaya ragam bacaan sehari-hari, sehingga anak-anak pun akan tertular pola hidup kita yang gemar membaca. Anak-anak adalah peniru yang ulung dan apa pun yang mereka lihat di sekitar akan segera dicontoh. Mulailah juga memilah-milah jenis buku yang akan diberikan pada mereka, sehingga segala informasi yang mereka dapat akan tersaring dengan baik.

Menanamkan kebiasaan membaca pada diri anak memang tak dapat dilakukan dengan instan. Butuh proses yang panjang agar anak-anak dapat memiliki kesadaran akan pentingnya membaca dan menjadikan membaca sebagai gaya hidup mereka. Walau begitu, jika dilakukan dengan rutin, perlahan-lahan anak akan terbiasa untuk menghabiskan waktu mereka dengan buku.

Jangan tunda waktu untuk menumbuhkan minat baca dalam diri anak kita!

Sumber: http://www.iwecindonesia.com/meningkatkan-minat-baca-pada-anak/






No comments:

Post a Comment