Wednesday 18 February 2015

Perpustakaan Sekolah Apakah hanya Menjadi Gudang Buku?

Suasana Perpustakaan SMP IT Abu Bakar Yogyakarta (sumber: pribadi)

Sering perpustakaan diurus oleh karyawan Tata Usaha (TU). Kita hanya perlu salah satu staf TU yang masuk 2 jam lebih siang dan pulang 2 jam lebih sore, tidak kena biaya. Kalau ada staf perpustakaan yang khusus – dibuat shift saja. Seringkali masuk lebih siang dan pulang lebih sore adalah keadaan yang cocok untuk anggota staf tertentu.

Yang kami melihat, di kebanyaan sekolah staf sekuriti sudah bertugas sampai sore. Kalau tidak, sistem shift juga dapat dilakukan.

Kalau masalahnya ada kendaraan, ini dapat dinegosiasi oleh staf sekolah. Biasanya bisnis dari siswa-siswi sekolah adalah sangat penting kepada perusahaan kendaraan, supir angkot, tukang becak, atau tukang ojek, dan mereka akan fleksibel.


Kami belum membahas hal “jumlah atau jenis koleksi buku”, yang biasanya sangat kurang. Tetapi selama perpustakaan sekolah hanya sebagai “gudang buka” jumlah buku dan peraturan buku (Sistem/Katalog) tidak termasuk hal-hal utama.

Kita harus berjuang untuk mengatasi isu-isu (1-8 di atas yang tidak kena biaya) dan meningkatkan minat, kesempatan, dan kebiasaan baca. Kalau belum, perpustakaannya akan gagal sebagai jantung sekolah. Kebiasaan baca adalah kunci untuk mengembangkan pengetahuan dan pendidikan kita terus selama hidup (lifelong learning).

“Perpustakaan Online” tidak sebagai pilihan yang rialistik untuk mayoritas siswa-siswi tingkat sekolah (atau masyarakat) di Indonesia karena mereka tidak punya komputer atau akses ke Internet di rumah. Waktu untuk menggunakan komputer di sekolah adalah sangat terbatas, dan untuk “print” (cetak) dokumen-dokomen atau ebook dariInternet adalah sangat mahal dibanding dengan pinjam buku dari perpustakaan “yang gratis”.

Buku-buku di perpustakaan sekolah dapat dipinjam dan dibaca kapan saja, di mana saja (di becak, di tempat tidur), dan buku-buku perpustakaan sekolah dapat “diakses oleh semua siswa-siswi secara adil”. Ayo, membangun perpustakaan sekolah yang lengkap dengan akses di luar jam kelas.

Sumber: http://perpusarsip.demakkab.go.id/component/content/article/2-berita/5-perpustakaan-sekolah-apakah-hanya-menjadi-gudang-buku

No comments:

Post a Comment